Queue (Antrian) dan Stack (Tumpukan)


1. Queue ( Antrian )



Dalam ilmu komputer , antrian adalah jenis data atau kumpulan data abstrak tertentu di mana entitas dalam koleksi disimpan dalam urutan dan operasi utama (atau hanya) pada koleksi adalah penambahan entitas ke posisi terminal belakang, yang dikenal sebagai enqueue, dan penghapusan entitas dari posisi terminal depan, yang dikenal sebagai dequeue . Ini membuat antrian menjadi struktur data First-In-First-Out (FIFO) .
Dalam struktur data FIFO, elemen pertama yang ditambahkan ke antrian akan menjadi yang pertama untuk dihapus. Ini setara dengan persyaratan bahwa setelah elemen baru ditambahkan, semua elemen yang ditambahkan sebelumnya harus dihapus sebelum elemen baru dapat dihapus.
 Seringkali mengintip atau operasi depan juga dimasukkan, mengembalikan nilai elemen depan tanpa dequeuing itu. Antrean adalah contoh struktur data linear , atau lebih banyak koleksi yang berurutan.
Antrian menyediakan layanan dalam ilmu komputer , transportasi , dan riset operasi di mana berbagai entitas seperti data, objek, orang, atau peristiwa disimpan dan ditahan untuk diproses nanti. Dalam konteks ini, antrian melakukan fungsi buffer .
Antrean umum dalam program komputer, di mana mereka diimplementasikan sebagai struktur data yang digabungkan dengan rutinitas akses, sebagai struktur data abstrak atau dalam bahasa berorientasi objek sebagai kelas. Implementasi umum adalah buffer lingkaran dan daftar terkait .
 
    
            2. Stack (Tumpukan)


Dalam ilmu komputer, stack atau tumpukan merupakan sebuah koleksi objek yang menggunakan prinsip LIFO (Last In First Out), yaitu data yang terakhir kali dimasukkan akan pertama kali keluar dari tumpukan tersebut. Tumpukan dapat diimplementasikan sebagai representasi berkait atau kontigu (dengan tabel fix).
Ciri tumpukan:
  • TOP merupakan sebutan untuk elemen paling atas dari suatu stack
  • Elemen TOP merupakan elemen yang paling akhir ditambahkan
  • Elemen TOP diketahui
  • penambahan dan penghapusan elemen selalu dilakukan di TOP
  • LIFO
Pemanfaatan tumpukan:
  • Perhitungan ekspresi aritmetika (posfix)
  • algoritme backtraking (runut balik)
  • algoritme rekursif
Operasi tumpukan :
  1. InsertFirst () biasa disebut Push (input E : typeelmt, input/output data : stack): menambahkan sebuah elemen ke tumpukan
  2. DeleteFirst () biasa disebut Pop (output E : typeelmt, input/output data : stack ) : menghapus sebuah elemen tumpukan
  3. IsEmpty () : mengecek apakah stack kosong atau ada elemennya
  4. IsFull () : mengecek apakah stack telah penuh atau belum
  5. Clear () : menghapus semua data
  6. Peek () : melihat data TOP



Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Stack_(struktur_data)
https://en.wikipedia.org/wiki/Queue_(abstract_data_type)

Comments